Luar Biasa, Suardi Saleh Masuk Nominasi 10 Top Leader Indonesia

Kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh, kembali mendapat pengakuan dan apresiasi dari pihak luar. Tak tanggung-tanggung, besan Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina ini, masuk nominasi 10 top leader Indonesia.

Sesuai penyampaian Seven Media Asia sebagai penyelenggara, Suardi Saleh berhasil masuk nominasi “Indonesia Top Leader Awards 2020” untuk kategori “The Best Figure Keterbukaan Publik” yang malam penganugerahannya digelar di Bali, Sabtu (25/07/2020).

Suardi Saleh dinilai salah satu kepala daerah di Indonesia yang sangat konsisten dalam mendorong dan merealisasikan keterbukaan publik. Terutama soal transparansi setiap kebijakan di pemerintahan.

Jika tak ada halangan, penerima penghargaan dari Seven Media Asia akan dihadiri Menteri Pariwisata, sekaligus disiarkan dua stasiun televisi nasional, yakni I News TV dan TV Global.

Dari penilaian yang dilakukan selama ini, hanya sekira 25 figur di Indonesia yang dimasukkan dalam nominasi. Salah satunya Suardi Saleh yang dianggap konsisten dan komitmen tentang keterbukaan publik.

Suardi Saleh yang berhalangan hadir di puncak penganugerahan akan diwakili delegasi yang ditunjuknya. Pasalnya di hari bersamaan, putra bungsunya akan melakukan prosesi lamaran atau “mappetu ada’”di Makassar. Meski demikian, mantan Ketua AMPI Kabupaten Maros itu, secara khusus mengirimkan testimoni dalam bentuk video untuk ditayangkan di puncak kegiatan.

Di video tersebut, Suardi Saleh menjelaskan secara singkat mengenai berbagai kebijakan yang dilakukan selama memimpin Barru dalam mendorong keterbukaan publik di pemerintahan.

Soal nominasi dan pengakuan tersebut, Suardi tak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat. Menurutnya, masuk nominasi top leader tak lepas dari kerjasama berbagai pihak di Barru dalam mendorong pelayanan berkualitas dan keterbukaan publik.

“Terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Barru. Pimpinan dan para anggota DPRD, Bapak Wakil Bupati, serta Forkompida, dan tentunya seluruh perangkat daerah yang terus menjaga sinergitas yang harmonis. Dan anugerah ini, merupakan anugerah bersama,” kata Suardi Saleh, seperti di video testimoninya, Jumat (24/07/2020).

Dengan nominasi top leader itu, sekaligus menjadi bagian pengakuan dari pihak luar jika pemerintahan di Barru menjadi teladan dan contoh bagi daerah lainnya di Indonesia, terutama soal keterbukaan publik.

“Semoga Allah SWT menjadikan anugerah kita bersama ini bernilai ibadah, dan terus berkesinambungan untuk masa depan Indonesia Maju,” pungkas Suardi Saleh.

Sekadar diketahui, pemberian penghargaan top leader di Indonesia, rutin dilakukan Seven Media Asia selama beberapa tahun terakhir. Dan khusus tahun ini, Suardi Saleh merupakan salah satu kepala daerah yang mewakili Sulawesi Selatan.

Suardi Saleh yang kurang lebih empat tahun terakhir memimpin Barru, memang dikenal sebagai kepala daerah yang berusaha semaksimal mungkin mendorong tentang transparansi atau keterbukaan publik. Terbukti, di bawah kepemimpinannya, Barru mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Selain itu, beragam prestasi dari pemerintah pusat dan provinsi berhasil disematkan ke Suardi Saleh dan Pemkab Barru atas berbagai capaian yang telah ditunjukkan selama empat tahun terakhir. Termasuk satu-satunya kabupaten di Sulsel yang sudah mengoperasikan secara resmi Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga.

Khusus MPP yang diresmikan langsung Menpan RI Tjahjo Kumolo, juga dijadikan percontohan bagi sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Bahkan pasca-diresmikan, berbagai daerah datang khusus melakukan studi banding.#

(Humas Barru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *